Aksi Kolaborasi Komunitas untuk Pendidikan Remaja Indonesia

06.05.2014

SaveATeen adalah sebuah program yang diinisiasi oleh Putera Sampoerna Foundation (PSF) dalam rangka mengurangi banyaknya jumlah remaja Indonesia berprestasi yang putus sekolah dikarenakan keterbatasan kondisi finansial. Dalam menjalankan visinya, PSF menyadari dibutuhkan berbagai uluran tangan dan partisipasi aktif dari berbagai pihak termasuk komunitas dengan visi yang sama, seperti #CeweQuat100GiveBack. CeweQuat 100 % Give Back merupakan proyek penggalangan dana yang diinisiasi oleh komunitas CeweQuat berkolaborasi dengan berbagai komunitas lainnya, yaitu MindTalk, Good News from Indonesia, Duta Damai Remaja, Nusantara Beta, KIMMI ( Komunitas Mitra Medis Indonesia ), Leo Young Club, Beutiplan, Komunitas Sukses Mulia, Indonesia Berkibar, ASEAN Youth Initiative Community, Asean Community, Komunitas Taufan, Ayopeduli, Shutter ( Komunitas Fotografi Institute Pertanian Bogor ), Komunitas Musik Tangerang, Berbagi Nasi Jakarta, Look Around Indonesia, M Slide Project, Rotract Semanggi, Student CEO Summit, Sepeda Sehat UIN, dan Young On Top, untuk membantu pendidikan remaja Indonesia yang putus sekolah.

CeweQuat 100 Give Back diselenggarakan sekaligus dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei setiap tahunnya. Selain melakukan penggalangan dana untuk pendidikan, acara yang berlangsung pada Sabtu (03/05) di FX Sudirman ini juga menampilkan rangkaian pembicara yang menginspirasi. Acara CeweQuat 100% Give Back dikemas secara menarik dengan adanya empat Talkshow bersama narasumber yang mempunyai kapasitas di bidangnya. Seperti Talkshow “Perempuan dan Komunitas” dengan narasumber Bunga Mega, Founder Komunitas CeweQuat, Citra Natasya, Ambassador Young On Top, dan Rosa Rai Djalal, Founder dan President Indonesia-US Women Council. Ada juga Talkshow “Perempuan dan Misi” dengan narasumber Imelda Fransisca, Miss Indonesia 2005, Melanie Subono, Musisi dan Aktivis serta Nina Moran, Co-Founder dan Director GoGirl! Magazine. Talkshow “Perempuan Mendidik” dengan narasumber Jessy Firani, perwakilan Pelangi Book, Petra Monica dari Pengajar Muda, dan juga Anggun Intan, perwakilan dari Terminal Hujan. Terakhir adalah Talkshow “Perempuan di Balik Lelaki Hebat” dengan Narasumber Pandji Pragiwaksono, Penyiar Radio, Presenter, Penyayi, Stand-Up Comedian, dan Rene Suhardono, Career Coach, Human Resources Consultant, Writer.

Selain talkshow yang menginspirasi pada acara tersebut juga menampilkan Stand-Up Comedy, Music Performance, Fashion Show, serta Perkenalan Komunitas. Selama kegiatan berlangsung, para pengunjung yang datang bisa memilh dan membeli produk dalam Garage Sale for charity. Hasil penggalangan dana sepenuhnya disalurkan melalui SaveATeen.

Imran Razy, selaku Head of Retail Putera Sampoerna Foundation mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih disela-sela serah terima donasi atas terselenggaranya event CeweQuat 100% Give Back ini.

“Tidak ada lagi yang bisa saya ungkapkan selain terima kasih dan rasa syukur yang begitu mendalam karena masih banyak orang yang peduli kepada pendidikan di Indonesia, semoga ke depannya, makin banyak acara seperti ini diselenggarakan dan pendidikan Indonesia akan jauh lebih baik dari sekarang. Dan dana yang terkumpul ini sepenuhnya akan akan didonasikan untuk program pendidikan Putera Sampoerna Foundation di Akademi Siswa Bangsa Internasional,” tutur Imran Razy.

Acara yang dimulai dari pukul 10.00 dan berakhir pukul 20.00 ini banyak mencuri perhatian pengunjung Mall FX Sudirman dan berhasil mengumpulkan Rp11.060.000 dari penjualan produk di garage sale for charity.

“Acara ini mengangkat tema dari, oleh dan untuk perempuan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional dan disaat bersamaan, diadakan bazaar barang bekas layak pakai, untuk perempuan dalam Garage Sale for charitybarang – barang tersebut dikumpulkan oleh 20 Komunitas dan beberapa dari Aktris Indonesia yang mendukung kegiatan ini, Seluruh hasil penjualan bazaar akan disumbangkan ke program Save a Teen yang dinaungi oleh Putra Sampoerna Foundation.” Jelas Mega founder komunitas CeweQuat.

Di samping itu Mega berharap acara ini dapat menginspirasi generasi muda khususnya kaum perempuan untuk lebih peduli dan menyadari arti penting pendidikan untuk kemajuan bangsa.