Press Release

27.01.2016

Hino Awali Tahun Dengan Kontribusi Nyata Pada Bidang Pendidikan Dan Kesejahteraan Masyarakat

Purwakarta, 12 Januari 2016 – Hino Indonesia awali tahun 2016 dengan melaksanakan berbagai kegiatan CSR. Salah satunya adalah dengan bekerjasama dengan Putera Sampoerna Foundation–School Development Outreach (PSF-SDO),  Hino Indonesia melakukan pembukaan “Program Pengembangan Profesionalisme Guru SMK” dan Penyerahan Beasiswa kepada 4 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Purwakarta. Acara yang diselenggarakan di SMKN 1 Purwakarta tersebut dihadiri oleh Kazushi Ehara, Presiden Direktur PT. Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI); J. Ralhan, Direktur HMMI; Gusman Yahya, Acting Head PSF-SDO; dan Rasmita, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta.

"Program Pengembangan Professionalisme Guru SMK" dilaksanakan bekerjasama dengan PSF-SDO berdasarkan arahan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan pedagogi dasar guru dalam mengembangkan materi pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan dengan menerapkan model-model pembelajaran yang disertai dengan pengembangan alat bantu pembelajaran. Program yang dilaksanakan dalam rentang waktu 11 bulan ini meliputi berbagai kegiatan seperti workshop, coaching, mentoring dan evaluasi atas peningkatan kemampuan guru. Sebanyak 24 guru dari SMKN 1 Purwakarta, SMKN 2 Purwakarta dan SMKN Taruna Sakti dan 1 pengawas dari Dinas Pendidikan akan dilatih melalui program ini.

Selain melaksanakan pembukaan "Program Pengembangan Professionalisme Guru SMK", acara ini juga dilanjutkan dengan penyerahan beasiswa kepada siswa-siswi perwakilan dari SMK Taruna sakti Purwakarta, SMK Negeri I Bojong, SMK Tekhnologi Sain dan Agrobisnis Sukatani dan SMK Bhakti Praja.

"Kami berharap kegiatan Corporate Social Responsibility Hino Indonesia ini memberikan dampak yang positif bagi masyarakat baik dari segi pendidikan maupun pengembangan masyarakat. Hino Indonesia selalu melaksanakan kegiatan CSR demi kemajuan bangsa," ujar Ehara.

Pada hari yang sama, Hino Indonesia juga menyerahkan 6 unit instalasi Biogas kepada 5 kelompok peternak sapi dari Desa Wanayasa dan Desa Cikopo, Kabupaten Purwakarta yaitu Mulya Sejahtera, Wanaraharja, Mekar Sari, Mekar Jaya dan Sumber Sari.

Mekanisme reaktor biogas Hino Indonesia adalah dengan memanfaatkan kotoran sapi. Hasilnya, biogas dapat digunakan sebagai bahan bakar murah dan terbarukan. Sebanyak 11 rumah akan dialiri oleh gas yang dihasilkan oleh ‘Reaktor Biogas Hino’. Gas yang dihasilkan dapat dipergunakan untuk memasak dan dimanfaatkan sebagai bahan bakar penerangan lampu petromax. Satu buah reaktor yang berukuran 12m3 dapat menghasilkan kurang lebih 3m3 gas/hari atau dapat dipergunakan hingga 12 jam/hari dalam keadaan non stop sehingga dapat memenuhi kebutuhan 3 rumah tangga.

Bio slurry atau ampas biogas dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan seperti  budidaya tanaman hidroponik; dan budidaya jamur. Selain itu juga dapat diolah menjadi pupuk organik berkualitas; pestisida; bahan pakan ayam, bebek, ikan, cacing, serta kelinci. Di samping itu, pemanfaatan kotoran sapi dapat mengurangi efek rumah kaca dengan dimanfaatkannya gas metan yang dikeluarkan oleh kotoran sapi. Bio slurry yang keluar diakhir proses pembuatan biogas sudah tidak mengandung metan. Hino Indonesia juga melakukan penggemukan untuk 10 ekor sapi dengan memberikan vitamin, konsentrat dan makanan kepada sapi ternak Kelompok Tani Makmur Jaya.

Sementara itu, Putera Sampoerna Foundation-School Development Outreach selaku mitra pelaksana program kolaborasi ini, diwakili oleh Gusman Yahya menyampaikan, "Putera Sampoerna Foundation melalui School Development Outreach menyambut baik kemitraan yang dijalin antara PSF-SDO dengan PT Hino Indonesia dalam meningkatkan pendidikan serta mengembangkan kualitas masyarakat melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan". Lebih lanjut Gusman menyatakan, "Kami ingin merangkul lebih banyak lagi korporasi serta pemerintahan untuk menaruh perhatian lebih terhadap pendidikan serta peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), guna mempersiapkan Indonesia dalam menghadapi persaingan global di masa mendatang".

 

 

Sekilas tentang Putera Sampoerna Foundation

Putera Sampoerna Foundation (PSF) adalah institusi bisnis sosial pertama di Indonesia yang memiliki visi untuk mencetak para calon pemimpin Indonesia yang berkaliber tinggi di masa depan, yang diharapkan mampu  menghadapi tantangan global, berkontribusi, dan membawa perubahan positif kepada masyarakat di sekitarnya. PSF percaya bahwa visinya dapat dicapai dengan menyediakan pendidikan yang berkualitas bagi siswa Indonesia. Untuk menjaga keberlanjutan bisnis sosialnya, PSF berperan sebagai penyelenggara program tanggung jawab sosial (CSR operator) yang telah dipercaya oleh lebih dari 300 perusahaan, organisasi maupun asosiasi untuk menjalankan program CSR mereka. PSF telah memperoleh sertifikasi ISO 9001:2008, yakni sebuah sertifikat yang diberikan kepada organisasi dengan sistem manajemen kualitas yang telah memenuhi standar internasional. Untuk keterangan lebih lanjut, kunjungi www.sampoernafoundation.org.

 

Sekilas tentang School Development Outreach

Putera Sampoerna Foundation-School Development Outreach (PSF-SDO) merupakan penyedia layanan pengembangan pendidikan yang berdedikasi meningkatkan mutu sekolah dan tenaga pendidik di Indonesia agar dapat bersaing secara global. PSF-SDO menjalankan serangkaian program komprehensif dan berkesinambungan untuk meningkatkan kompetensi guru, membangun karakter siswa, mendukung pengelolaan sekolah yang bertanggung jawab, serta mengembangkan komunitas sekolah yang pro aktif. Didukung oleh tenaga profesional berpengalaman di bidang pendidikan, PSF-SDO mengembangkan serangkaian pelayanan  komprehensif dan praktis untuk menjawab tantangan pendidikan di Indonesia, yakni Peningkatan Kualitas Layanan Sekolah melalui School Development Program (SDP), Peningkatan Profesionalisme Guru dan/atau Tim Manajemen Sekolah melalui Professional Development Program (PDP), Peningkatan Pendukung Pendidikan melalui Education Support Program (ESP), dan Layanan Asesmen dan Penelitian Pendidikan atau Assessment Monitoring Evaluation. PSF-SDO telah menyediakan pelatihan ekstensif ke lebih dari 22,000 tenaga pengajar, kepala sekolah, pengawas dan pengelola sekolah. Melibatkan diri dalam peningkatan kualitas pendidikan di 568 sekolah dan 25 madrasah, serta membangun 6 pusat belajar guru di berbagai pelosok Indonesia  Untuk keterangan lebih lanjut, kunjungi www.psfoutreach.com.

 

Untuk informasi lebih lanjut hubungi: 

Nurul Aini

Public Relations and Publicity
Putera Sampoerna Foundation

Tel: (021) 577 2340 Fax: (021) 577 23 41
Email: nurul.aini@sampoernafoundation.org