KSB Industrial Visit; Memahami Pentingnya Teknologi Bersama Microsoft Indonesia

12.02.2015

Jakarta, 11 Februari 2015. Putera Sampoerna Foundation (PSF) melalui Koperasi Siswa Bangsa (KSB) berkunjung ke kantor Microsoft Indonesia di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sebanyak lebih dari 50 anggota KSB dari Sampoerna University, Universitas Indonesia, Universitas Bina Nusantara, Universitas Trisakti dan Universitas Tarumanagara menjadi peserta dalam kegiatan ini.

Seperti pada kunjungan-kunjungan industri sebelumnya, kunjungan ini bertujuan untuk memperkenalkan para anggota KSB dengan dunia industri secara langsung. Microsoft Indonesia, cabang Microsoft dunia (perusahaan perangkat lunak terbesar) menjadi salah satu dari daftar perusahaan yang dikunjungi KSB. Mempelajari industri teknologi menjadi hal yang sangat bermanfaat bagi kehidupan saat ini. Seperti yang diketahui bahwa sejak tahun 2012, dunia pekerjaan di segala bidang menggunakan kemampuan teknologi sebanyak 50%, angka ini akan meningkat menjadi 77% di tahun 2020.

Merujuk pada fakta tersebut dapat dikatakan bahwa mempelajari dan memahami teknologi perlu dilakukan agar kelak sumber daya manusia Indonesia tidak kalah saing dengan bangsa asing. Hal ini sejalan dengan apa yang diterapkan dalam Sampoerna School System yang telah menerapkan pendidikan berbasis STEM (Science, Technology, Engineering dan Mathematics) dimana unsur teknologi menjadi salah satu unsur penting dalam pendidikan ini.

Sejauh ini, PT. Microsoft Indonesia sudah berhasil mendorong para mahasiswa Indonesia untuk mengembangkan kreatifitas mereka melalui berbagai kompetisi mengenai teknologi dan berbagai pelatihan gratis yang disediakan oleh Microsoft. “Mahasiswa harus mampu berkompetisi dalam dunia kerja khususnya di era AFTA dan perlu banyak hal yang perlu dilakukan, khususnya persiapan dalam memahami dunia teknologi”, ungkap Yugie Nugraha (Developer and Platform Evangelism at Microsoft Indonesia) yang menceritakan tentang menjadi “Lulusan Siap Terap” sejalan dengan meningkatnya kebutuhan akan teknologi.

Selain Yugie, turut hadir Metra Dea (Account Technology Strategist at Microsoft Indonesia) sebagai pembicara dalam kunjungan KSB kali ini. Metra menyampaikan mengenai berbagai macam teknologi yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar. Salah satu teknologi yang populer digunakan dalam dunia pendidikan saat ini adalah Microsoft Office 365. Teknologi ini sudah diterapkan di kampus-kampus ternama di Indonesia, termasuk di Sampoerna University yang juga menerapkan fasilitas e-learning melalui Microsoft Office 365 untuk mempermudah proses belajar mengajar mahasiswa dan dosen.